Liburan Aman, Anak Senang, Orang Tua Tenang


 


Tak terasa liburan sekolah hampir tiba. Meski selama ini sekolah dari rumah, liburan tetap saja menjadi sesuatu yang dinantikan. Bisa jadi anak-anak mulai bosan dengan pembelajaran online. Liburan bisa dijadikan momen mengurangi stress anak dan membuat mereka lebih bahagia. Lalu bagaimana liburan di masa pandemi seperti saat ini? Amankah bepergian? Atau apa sih yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan?

Pilihan mengisi liburan kali ini ada dua ya Bunda. Sebelum memutuskan, mau memilih yang mana, Bunda bisa mengecek kembali beberapa hal misalnya:

1.     Bertambahnya penderita covid-19 setelah liburan.

Apalagi sekarang baru saja diadakan pemilihan kepala daerah di beberapa wilayah. Apakah aman bagi anak-anak keluar rumah? Tentu kembali lagi harus dipertimbangkan.

2.   Tempat atau daerah yang akan dikunjungi termasuk zona apa? Zona hijau, merah, atau kuning?

3.     Tempat wisata yang dituju, apakah daerah terbuka atau tertutup?

Tempat terbuka secara umum lebih aman dari penularan covid-19 dibandingkan dengan daerah tertutup.

4.     Keramaian di tempat tersebut, apakah cukup padat (ramai) atau jarang?


Jika Bunda sudah mengecek, mempertimbangkan, dan semuanya merasa aman, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk anak, antara lain:

1.     Melatih anak-anak memakai masker dalam waktu yang lama, tidak membuka, dan memakai dengan posisi yang tepat, serta aman untuk kesehatan anak.

2.       Biasakan untuk 3M (memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan)

3.     Siapkan selalu di tas anak, masker cadangan dan hand sanitizer untuk antisipasi jika tempat tersebut, fasilitas cuci tangan tidak memadai.

(Tips lengkap bisa dilihat https://serabibelajar.blogspot.com/?m=1)

Bagi Bunda yang memilih beraktivitas di rumah saja bersama Ananda, maka siapkanlah kegiatan yang akan dilakukan. Ajak anak berdiskusi, berikan mereka kesempatan menyampaikan keinginannya. Jika memungkinkan mengakomodir keinginan mereka, sebaiknya diakomidir saja. Bingung cari kegiatan di rumah, Bunda bisa mengunjungi blog serabi belajar. Banyak inspirasi kegiatan bertebaran di situ. Oh ya, ada lho sekarang wisata virtual. Ananda tetap bisa melihat berbagai obyek wisata tanpa harus keluar rumah. Bunda bisa cek di https://travel.kompas.com/read/2020/03/22/160500227/update--64-tempat-wisata-sediakan-virtual-traveling-liburan-di-rumah-aja-

Apapun pilihan Bunda dalam mengisi liburan kali ini, pastikan aman ya Bun, biar anak senang, orang tua juga tenang. Selamat menikmati liburan ….



Kolaborasi,

Bunda Yus dan Bunda Denik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Serabi Belajar.