Mengenal Huruf dengan Mudah dan Menyenangkan



 
 
Saat mendengar huruf, rasanya sangat dekat dengan aktivitas belajar. Aktivitas belajar ini kadang terdengar menjadi akivitas yang serius dan kurang menyenangkan untuk anak-anak. Merekam atau mengenal huruf menjadi salah satu aktivitas otak kiri. Namun demikian di beberapa anak, aktivitas ini menjadi tantangan yang besar. Oleh karena itu, perlu beberapa cara agar anak-anak dapat tetap mengenal dan merekam huruf dengan bahagia sehingga membuat anak-anak penasaran dan memicu keingintahuan mereka yang lebih besar tentang huruf. Beberapa cara agar anak-anak mudah mengenal dan merekam huruf adalah sebagai berikut:

1. Mengenal huruf secara visual


Cara ini dapat dilakuka oleh orangtua/guru dengan menempel lembaran huruf di dinding, papan display, atau tempat-tempat strategis yang mudah dilihat anak-anak. Display huruf tersebut sebaiknya dibuat menarik, sehingga membuat anak-anak ingin terus melihatnya. Selain dengan display, pengenalan huruf secara visual ini juga dapat menggunakan lembar kerja/lembar aktivitas huruf. 


2. Mengenal huruf secara audio


Cara ini dapat dilakukan orang tua/guru dengan mengulang-ulang bunyi huruf di depan anak-anak. Anak-anak akan merekam bunyi dari masing-masing huruf sehingga ketika belajar membaca nanti, anak-anak sudah memahami bunyi-bunyi tersebut.


3. Mengenal huruf dengan audio visual


Cara ini dapat dilakukan orang tua/guru dengan memperlihatkan video-video pengenalan huruf yang menarik untuk anak-anak.


4. Mengenal huruf dengan bermain


Bermain adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk anak-anak. Mengenal huruf dengan bermain, menjadi salah satu aktivitas yang membahagiakan. Contoh permainan huruf yang dapat dilakukan adalah sbb : puzzle huruf, blok huruf, membuat huruf dari dough/plastisin, mengenal huruf dengan susunan batu, tulisan di pasir, kartu huruf, origami, hingga permainan mencari harta karun huruf.


5. Mengenal huruf dengan bernyanyi


Bernyanyi merupakan salah satu aktivitas menyenangkan untuk anak-anak. Mengenal huruf dengan bernyanyi memudahkan anak-anak merekam dan mengingat bunyi dan bentuk huruf. Orang tua atau guru dapat menggunakan syair lagu huruf yang sudah ada atau syair lagu baru (dengan gubah lagu / membuat lagu sendiri).
Salah satu contoh lagu huruf dengan gubah lagu adalah sbb :



"Mengenal huruf menjadi satu langkah utama sebelum anak-anak belajar baca dan tulis. Ikhtiar maksimal membuat anak bersahabat dengan huruf adalah sebuah kunci".


Semoga bermanfaat,


Nugraheni Utaminingsih
Hexagonia CH3 Pendidikan-Blok Papan Tulis


8 komentar:

  1. MasyaaAllah mantuulll 😍👍👍👍 dengan lagu yg sudah akrab di telinga anak2 akan bantu makin mudah ingat yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaAllah mba Dieni, semoga bermanfaat yaa... :-)

      Hapus
  2. Maasyaa Alloh, baarokalloh...
    Mengenal huruf dengan menyenangkan dan banyak cara yang bisa kita lakukan, siap mencoba...
    Terima kasih mbk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa fiik barrakallah mba Denik...
      semangat mencoba :-)

      Hapus
  3. Sulungku si audio langsung senyam senyum denger lagu nya, berbinar dia langsung, makasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh maasyaAllah, alhamdulillah, semoga bermanfaat ya mba Irma... :-)

      Hapus
  4. Lagunya asyik mbk...keren maasyaa Allah 😍😍

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Serabi Belajar.