Ngajar Anak Tanpa Nge-gas



Bunda, pelajaran apa sih yang paling susah menurut ananda paling susah? He-he, matematika ya? Nah pekan ini, serabi belajar membahas bagaimana membantu anak belajar perhitungan dasar dengan cara yang menyenangkan.

Kenapa harus tuntas perhitungan dasar ini, karena ini akan berlanjut terus. Kalau salah pemahaman, akan berpengaruh ke pengurangan, pembagian dan perkalian. Sudah pada baca kan? Jangan lupa dipratekkan ya!

Oh ya, supaya lebih mudah lagi menemani anak belajar, kali ini kita akan membahas cara kerja otak ya Bun. Kenapa? Saat mempelajari bagaimana otak bekerja itu artinya kita mempelajari bagaimana cara belajar.

Otak terdiri dari 3 bagian, lizard brain atau biasa disebut otak reptil, mammal brain atau otak lymbik, dan human brain atau neokorteks. Tiga bagian otak ini memiliki fungsi masing-masing lho.

                   Otak reptil untuk bertahan atau menyerang.

                   Otak limbik untuk emosi manusia (emosi positif dan emosi negatif).

                   Neokorteks untuk berpikir.

Neokorteks akan aktif jika emosi dalam keadaan positif, otak reptil bekerja jika emosi negatif. Terus kapan emosi positif? Saat anak gembira, merasa empati, damai dan tenang, dll. Kapan emosi negatif? Saat anak merasa takut, marah atau dalam keadaan menangis.

Jadi kalau mau belajar, pastikan anak dalam keadaan emosi poistif ya Bun. Selamat mencoba! Semoga mengajar anak sekarang tidak perlu nge-gas lagi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Serabi Belajar.