Belajar Penjumlahan Dasar Dengan Menyenangkan



Penjumlahan adalah unsur dasar dari pelajaran matematika. Semua orang harus bisa menguasai materi tersebut karena akan digunakan atau berkaitan dengan kegiatan keseharian kita, misalnya membeli barang kebutuhan pokok, menabung, kegiatan jual beli dll. Materi mengenai penjumlahan dasar bisa di simak di artikel sebelumnya (Cara Mudah Mengajarkan Penjumlahan Dasar).

 
Namun sayangnya, tak semua anak memiliki kempuan kecerdasan logika yang sama sehingga mampu menerima pelajaran ini dengan mudah. Pendekatan metode belajar sesuai dengan gaya belajar anak bisa membantu kita membuat anak nyaman dalam aktivitas pembelajaran, bagi ayah bunda yang belum tahu gaya belajar sang buah hati bisa di cek di Temukan Gaya Belajarmu

Berikut ini adalah beberapa tips belajar penjumlahan dasar dengan menyenangkan sesuai dengan gaya belajar:

Visual

Bagi anak visual modalitas belajar mereka adalah melalui mata, maka menggunakan media belajar seperti flash card, gambar, worksheet adalah hal yang sangat efektif untuk si visual ini. Berikut adalah contoh worksheet yang bisa digunakan untuk media pembelajaran penjumlahan dasar, lengkapnya bisa di unduh di sini.(Free Printable: Menghitung dan Penjumlahan 1-10)



 

Auditory

Untuk anak dengan tipikal auditory, suara adalah hal yang bisa membuat dirinya fokus, untuk anak usia pra SD bisa kita konfrensi pelajaran tersebut menjadi lagu yang mudah dan gampang diingat oleh peserta didik.



Kinestetik

Bergerak adalah sebuah pembelajaran untuk anak kinestetik, turut serta dalam proses adalah hal yang tak terlupakan bagi anak tersebut. Kita bisa bermain peran, menghitung dengan balok, atau natural walk dipagi hari sambil belajar mencari daun kering atau batu yang di temukan dijalan. Hal tersebut pasti akan sangat membekas untuk mereka.




Gambar di atas adalah satu contoh pembelajaran penjumlahan dasar ala anak kinestetik, mereka diikutsertakan dalam proses belajar sejak awal, mulai dari mencari bahan pembelajaran sampai proses dalam kegiatan belajar nya.

Beberapa contoh proses pembelajaran untuk memudahkan memahami penjumlahan dasar sesuai dengan gaya belajar tersebut diatas bisa di sesuaikan dengan kondisi anak atau peserta didik kita masing masing ya ayah bunda, yang paling penting adalah anak dan guru atau orang tua bisa belajar dan mengajar dengan gembira.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat

Irma Febriana
Hexagonia Hexaducate resindence Co Housing 3 blok Papan Tulis

2 komentar:

  1. Maasyaa Alloh keren dan sangat bermanfaat mbk...Baarokallohu fiikum.. semangat belajar abang-abang sholeh...

    BalasHapus
  2. Maasyaa Allah mbk Irma keren banget

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Serabi Belajar.