BAHASA CINTA RASULULLAH DALAM MENDIDIK ANAK


 



Rasulullah sholallahu 'alaihi wassalam adalah contoh terbaik dalam kehidupan. Dalam mendidik anak pun Rasulullah  sholallahu 'alaihi wassalam mengajarkan kepada kita bagaimana mendidik anak dengan cinta. Dalam hadits-hadits kita temukan bahwa Rasulullah SAW mengajarkan bagaimana akhlak seorang muslim terhadap saudaranya.  Terhadap saudara sesama muslim saja kita diminta untuk saling mengasihi dan mencintai karena Allah ta’ala. Apalagi ini terhadap saudara terdekat kita, siapa ? Pastinya keluarga terdekat kita yaitu anak kita, pasangan kita, orang tua kita dan saudara kita. 


Yuk kita praktekkan ajaran Nabi Muhammad sholallahu 'alaihi wassalam supaya kita bisa berbahasa cinta ala Rasulullah dalam mendidik anak. Apa saja bahasa cinta yang kita bisa berikan kepada ananda supaya komunikasi lancar dan bahagia ?

 

BAHASA CINTA : KATA-KATA CINTA


Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

إِذَا أَحَبَّ أَحَدُكُمْ أَخَاهُ فَلْيُعْلِمْهُ إِيَّاهُ    

  Jika salah seorang dari kalian mencintai saudaranya, maka beritahukan padanya  (HR. Tarmidzi).

Ayah Bunda sering mengungkapkan cinta kepada buah hati ??   Kita di-sunah-kan mengungkapkan cinta karena Allah ta’ala  kepada saudara seiman.  Apalagi kepada yang terdekat dengan kita,  Anak-anak perlu teladan dari orang tua. Jika Ayah Bunda sering mengungkapkan cinta dan sayang kepada ananda, pastinya mereka pun  akan memberi ungkapan yang sama kepada orang tuanya.  Terutama anak yang dominan bahasa cintanya kata-kata cinta. Tentu ia akan merasa terkesan dan sangat dicintai. Jangan lupa kita niatkan mengamalkan sunnah Nabi , maka pahala akan menanti.

 

BAHASA CINTA : MEMBERI HADIAH


Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shollallahu ‘alaihi wassallam bersabda :

تَهَادَوْا تَحَابُّوا   

“Salinglah memberi hadiah, maka kalian akan saling mencintai.” 

(HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrod, no. 594).

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam  mengajarkan untuk saling memberi hadiah supaya saling mencintai. Nah, Ayah Bunda bisa memberikan hadiah kejutan buat ananda. Tidak harus selalu berupa hadiah mahal atau mewah. Namun hadiah kecil saja jika diberikan dengan special, mata berbinar dan kejutan pastinya ananda akan bahagia. Terutama jika ananda memiliki bahasa cinta dominan hadiah, pasti akan terkenang sampai dewasa.

 

BAHASA CINTA : SENTUHAN

 

Abdullah bin Ja’far bin Abi Thalib ketika masih kecil dan yatim beliau menceritakan,

" Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengusap kepalaku sebanyak tiga kali. Setiap kali mengusap beliau berdoa:‘Ya Allah, jadikanlah pengganti Ja’far pada anaknya …“

 

Anak yang bahasa cintanya sentuhan akan merasa dicintai apabila diusap kepalanya, dipeluk ,  dipegang tangannya, ditepuk bahunya dan sentuhan lainnya.  Sebagaimana yang dicontohkan Nabi ketika mengusap kepala sambil mendoakan. Yuk, Ayah Bunda tunjukkan cinta kita supaya komunikasi menjadi mudah.

 

BAHASA CINTA : WAKTU BERKUALITAS

 

Banyak kisah Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bermain bersama anak-anak. Beliau sering bermain bersama cucu Beliau Hassan dan Hussein serta teman-temannya.  

"Rasulullah menjemput kami (yakni Jafar dan Hasan atau Husein) ketika pulang. Kemudian beliau menggendong salah satu dari kami di punggung sedang yang lain beliau bopong di dada sampai kami memasuki Madinah." (HR. Muslim).

 Ayah Bunda sudahkah meluangkan waktu bermain bersama ananda? memberikan waktu berkualitas untuk ananda? Yuk mendatangkan pahala dan bahagia dengan bermain bersama ananda. Waktu mereka kecil tidaklah lama gunakan kesempatan dan berikan waktu terbaik kita untuk mereka. Mereka akan merasa dicintai dan komunikasi akan terasa mudah. 

Ide bermain bersama ananda di masa pandemi, ada Free Printable  Board Game untuk Mengisi Liburan


BAHASA CINTA : PELAYANAN


Urwah berkata kepada Aisyah, “Wahai Ummul Mukminin, apakah yang dikerjakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jika ia bersamamu (di rumahmu)?”, Aisyah berkata, “Ia melakukan (seperti) apa yang dilakukan oleh salah seorang dari kalian jika sedang membantu istrinya, ia memperbaiki sendalnya, menjahit bajunya, dan mengangkat air di ember” (HR Ibnu Hibban).

Nah , Ayah Bunda memberikan pelayanan dengan sepenuh hati akan sampai ke hati. Berikan hadiah pelayanan bagi ananda terutama yang bahasa cintanya pelayanan . Seperti apa contohnya? Silahkan baca Komunikasi Dengan Bahasa Cinta


Baca juga untuk inspirasi Ayah Bunda,  Ngobrol seru tentang ; Apa Itu Sekolah Alam?  

********

Ari Susanti 

Hexagonia CH3 Pendidikan


1 komentar:

  1. Maasyaa Alloh baarokalloh Mbk...
    Semoga kita selalu meneladani Rosululloh Shollallohu 'Alaihi wa sallam ... aamiin...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Serabi Belajar.