Tips Menghafal Al Qur'an dengan Mudah


 

 

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ

 

Assalamu’alaikum sahabat Serabi Belajar ….

Alhamdulillah, mudah-mudahan sehat selalu dan semangat belajar ya? Sebelumnya kita telah mengetahui Pentingnya Belajar Tahsin dan Tahfidz Al Qur’an, kali ini kita akan melanjutkan “Tips Menghafal Al Qur’an dengan Mudah”. Wah … apa saja yang harus kita lakukan ya? Yuk, baca terus sampai bawah ya ….

 

Alat yang harus dipersiapkan

1.      Al Qur’an

2.      Alat pendukung seperti HP, MP4, Laptop, DVD dan sebagainya.

Alat ini digunakan untuk mendukung proses hafalan dengan gaya belajar masing-masing.

 

 Cara mudah menghafal Al Qur’an

1.     Niat dan Tekad

Memantapkan hati kita hanya kepada Alloh untuk niat bersungguh-sungguh menghafal Al Qur’an dan mengharap pahala hanya kepada Alloh.

 

2.     Waktu menghafal

Waktu yang sangat baik untuk menghafal adalah di pagi hari setelah sholat Subuh. Pikiran dan hati kita tenang serta badan lebih segar. Kondisi ini memudahkan kita untuk cepat menangkap ayat-ayat Al Qur’an yang kita hafalkan. Selain itu, bisa dilakukan di antara sholat Maghrib dan Isya’.

 

3.     Jangan gonta-ganti Al Qur’an

Setia pada satu Al Qur’an adalah salah satu cara agar lebih mudah menghafal. Jika sering gonta-ganti Al Qur’an, maka mengurangi konsentrasi dalam menghafal.

 

4.     Membagi tiga - empat bagian dalam 1 halaman

Di zaman yang semakin canggih dan maju, menghafal dapat kita lakukan dengan mudah menggunakan Al Qur’an per blok (seperti pada gambar). Jadi, dalam menghafal bisa mengelompokkan dengan warna ayat-ayat setiap bloknya. Namun, jika kita memakai Al Qur’an biasa, 1 halaman bisa kita bagi menjadi 3 – 4 kelompok, misalnya 1 halaman 15 baris maka menghafalnya bisa dibagi per tiga baris atau 4 baris.


 

5.     Dibaca berulang-ulang sebanyak 10 kali

Dalam menghafal 1 ayat, bisa kita potong per kata, kemudian kita ulang-ulang 10 kali sampai hafal. Setelah per kata kita hafal, maka gabungkan secara keseluruhan dalam satu ayat.

 

6.     Muroja’ah (mengulang)

Murojaah adalah salah satu cara untuk mempertahankan hafalan. Dengan sering mengulang/muroja’ah maka akan semakin mutqin (kuat hafalannya).

 

7.     Disiplin dan Konsisten

                           

Bagaimana cara mengajarkan hafalan kepada anak?

 

1.     Sabar dan tulus ikhlas mengajarkan kepada anak.

2.     Mentalqinkan (membimbing) kata demi kata per ayat dengan diulang-ulang sampai hafal.

3.     Menyesuaikan dengan gaya belajar anak

Mendengarkan murotal melalui HP/MP4/Laptop dan sebagainya (audio), menghafal sambil bermain (kinestetik), melihat dan mendengarkan langsung dari orang tua atau menonton video (audiovisual).

4.     Menyimak dengan seksama dan membenarkan bacaan.

5.  Memberikan apresiasi setiap hasil yang ananda capai, untuk memotivasi semangat menghafal Al Qur’an.

 

Demikian tips menghafal Al Qur’an dengan mudah, semoga bermanfaat dan salah satu keutamaan menghafal Al Qur’an adalah memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya. Mudah-mudahan kita dan anak-anak kita termasuk di dalamnya, Aamiin ….


2 komentar:

  1. MasyaaAllah.. 😍 terima kasih tipsnya mba Denik ❤️ iyaa bener yg butuh tips ga hanya bwt anak, tapi bwt orang tua jg ya.. 👍

    BalasHapus
  2. Maasyaa Allah tips bagus banget bermanfaat mbk

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Serabi Belajar.